Tag

, , , , , , , ,

menulis

menulis

Hai jumpa lagi dengan Tika🙂

Kalau bicara tentang menulis tentu tidak semua orang TERTARIK, karena ada sebagian orang yang sangat ketakukan ketika disuruh menulis. Pada awalnya saya juga demikian.

Sedikit cerita tentang masa lalu saya yah…

Dulunya saya adalah anak yang paling takut menulis. Yah itu adalah kenyataan… Bahkan hingga menduduki bangku SMA rasa takut itu selalu bermunculan di benak saya.

Entah apa yang terjadi pada diri ini saya juga tidak tahu. Setiap mau menulis ada rasa takut dan khawatir kalau-kalau hasilnya tidak bagus. Dan pikiran saya pun menjadi kenyataan.

Tulisan saya sangat jelek saat itu, bahkan nilai mengarang saya saat SD adalah paling kecil. Ketika saya membaca hasil karangan tersebut saya tertawa namun sedih melihat hasilnya. Cerita apapula itu…😀 sangat memalukan.

Ibu, Bapak dan semua keluarga saya menertawakannya😦

Yah begitulah saya, bertahun-tahun ketakutan tersebut menghinggapi diri ini.

Ternyata setelah saya selidiki penyebab utamanya adalah tidak adanya KESEMPATAN mengemukakan pendapat dalam keluarga saya. Keluarga saya memang menganut hal itu. Bagi yang belum dewasa tidak ada hak mengemukakan pendapat.

Sehingga pemikiran-pemikiran saya tentang suatu hal tidak dapat diekspresikan dan membuat susah mengungkapkan isi hati hingga saat ini. Jadi kaitannya dengan menulis pun juga sangat erat karena saya sudah terbiasa untuk diam dan tidak mengungkapkan pemikiran-pemikiran saya sehingga menyebabkan ketakukan untuk menulis.

Karena pada dasarnya menulis sama dengan berbicara dan mengungkapkan pikiran.

Hal itu membentuk keyakinan diri saya bahwa saya tidak bisa mengungkapkan pemikiran, tidak dapat menuliskannya dan yah… akhirnya timbul persepsi bahwa memang saya tidak berbakat menulis.

Namun saya sadar itu hanyalah masa lalu dan saya tahu masa lalu akan menjadi pelajaran yang sangat BERHARGA. Saya mencoba merubah keyakinan seperti itu.

Hingga akhirnya perlahan saya memberanikan diri untuk mulai menulis. Tidak hanya sekedar tulisan indah, tapi tulisan yang ditulis dari hati. Niat share dan memberikan yang terbaik maka hasilnya akan baik.

Itu yang saya pelajari dari mentor saya juga dari buku bacaan saya yaitu HIPNOTIC WRITING.

Saya sangat TERTARIK dengan buku itu. Isinya bagus dan sangat mengena… Dapat merubah tulisan-tulisan kita jika benar-benar di PRAKTEKKAN..

Hal paling MENARIK dari buku tersebut yang saya tangkap adalah.

"Menulislah dengan gaya kita sendiri, menulis seakan-akan sedang berbicara. Jangan takut salah, tulis saja apa yang ada dipikiran kita. Tuangkan itu semua dengan niat yang baik untuk berbagi. Jangan mengedit saat menulis. Niscaya tulisan tersebut akan bagus mengalir seperti pribadi kita."

Tulisan yang baik adalah tulisan yang mencerminkan pribadi dari sang penulis. karena pembaca selalu ingin tahu siapa yang menulis dan bagaimana kepribadiannya. Dengan begitu pembaca akan merasa akrab dengan kita juga tulisan-tulisan kita.

Hmm…

Setelah membaca buku tersebut pikiran saya jadi terbuka, dan yah saya berusaha mempraktekkannya saat ini. Anda dapat menilai bagaimana tulisan saya sekarang? Apakah terlihat seperti dibuat-buat ataukah sudah ditulis dari hati?😀

Tidak buruk-buruk amat kan? Bahkan ada yang bilang tulisan saya bagus lho😀 (PD mode on)

Yah semua penilaian tergantung dari anda…

Yang jelas saya merasakan saat ini bahwa menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kita dapat mengespresikan segala hal melalui tulisan. Tidak perlu indah, puistis dan mendayu-dayu jika memang tidak berbakat disana, yang penting adalah menulis dari hati, jadi diri sendiri saja.

Okay itu dia hasil pembelajaran saya dari buku HIPNOTIC WRITING. Anda akan belajar banyak dari buku itu. Jadi bagi yang menarasan silahkan deh mencarinya di toko buku terdekat di rumah anda. Dijamin TOP deh.

Beli, baca, praktekkan dan praktekkan lagi. Kuncinya adalah LAKUKAN YANG BANYAK…

Jadi bagi teman-teman yang ingin mulai belajar menulis, buku itu adalah rekomendasi yang tepat. Investasikan waktu dan uang anda untuk mendapatkan hasil yang baik.

Siap membayar harganya? Okay silahkan dicoba. SEMANGAT kawan… Jadilah seorang penulis yang BAIK🙂