Tag

, , ,

Sehari yang lalu saya banyak belajar mengenai tampilan blog. Dan beberapa yang saya dapat yaitu bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di wordpress.

Dulu saya pikir membuat daftar isi harus manual. Tapi setelah saya searching di mbah google saya menemukan banyak sekali jawaban. Memang yah kalau kita mau usaha cari dan belajar pasti dapat jawabannya.

Lagian mbah google itu lho baik baik. Mau cari informasi apa aja bisa😀

Dan informasi yang saya terima akan saya bagikan pada temen-teman. Barangkali ada yang belum tahu. Lagipula mengingat komitmen saya yaitu adalah untuk berbagi. Jadi jika ada hal baru yang saya temui dan saya pikir pantas untuk di share maka akan saya bagikan.

Oke ini dia langkah-langkah untuk membuat daftar isi otomatis pada blog wordpress. Sebagian informasinya saya dapat dari blog “tutorial wordpress” http://bootingskoblog.wordpress.com

Caranya adalah buat postingan baru atau halaman baru. Lalu pilih menu “Html” lalu pastekan saja kode berikut tanpa tanda “/”. Ingat tanpa tanda “/”.

[/archives]

Setelah selesai klik tombol publish. Mudah kan? Dan ada beberapa pilihan lagi dari menu daftar isi tersebut yaitu:

1. Menampilkan arsip 12 bulan terakhir:
[/archives type=monthly limit=12]
2. Menampilkan arsip 12 bulan terakhir dengan menampilkan jumlah arsip:
[/archives type=monthly limit=12 showcount=true]
3. Menampilkan arsip 18 hari terakhir:
[/archives type=daily limit=18]
4. Menampilkan arsip 32 posting terakhir:
[/archives limit=32]
5. Menampilkan arsip 3 minggu terakhir:
[/archives type=weekly limit=3]
6. Menampilkan arsip 12 bulan terakhir dalam bentuk menudropdown disertai tampilan jumlah arsip:
[/archives format=option type=monthly limit=12 showcount=true]
7. Menampilkan arsip 17 minggu disertai tampilan sebelum dan sesudah text:
[/archives type=weekly limit=17 before=' lama ' after=' baru ']

Jadi silahkan pilih mana yang menurut anda paling pas. Dah hasilnya bisa anda lihat seperti contoh daftar isi saya. Ayo belajar membuat daftar isi wordpress. Selamat mencoba🙂